SOAL MENGUASAI STORY BOARD APLIKASI MULTIMEDIA
1. Prinsip dalam penyusunan story board adalah,kecuali....
A. Pesan Visual harus kreatif (asli,luwes dan lancar),
B. Editing
C. Komunikatif
D. Efisien dan Efektif
E. Sekaligus indah / estestis
2. Animasi (2D) atau yang bisa disebut dengan...
A. Sinetron
B. Kartun
C. Teater
D. Komedi
E. Horor
3. Estetika berasal dari kata Yunani yakni aesthesis yang artinya..
A. Perasaan,selera perasaan atau taste
B. Perasaan berseni
C. Keindahan
D. Keyakinan
E. Berperasaan
4. Adapun format yang paling populer untuk animasi web dengan pemutar adobe flash player adalah..
A. jpg
B. gif
C. Shockwave Flash (SWF)
D. 3gp
E. mts
5. Storyboard menjadi populer dalam produksi film live action sejak awal tahun..
A. 1940
B. 1950
C. 1960
D. 1970
E. 1980
6. Adobe photosop adalah salah satu software pendukung multimedia yang digunakan untuk mengolah...
A. Video
B. Image
C. Animasi
D. Vektor
E. Teks
7. Dua macam format yang digunakan dalam membuat storyboard yaitu..
A. Gambar tangan (sketsa) dan digital image
B. Gambar hidup dan mati
C. Nyata dan rekayasa
D. Bercerita dan bersuara
E. Kotak dan persegi panjang
8. Pengertian storyboard secara global adalah....
A. Merevisi ide - ide awal
B. Memberikan tata letak visual dari adegan yang terlihat dalam layar monitor atau lensa kamera
C. Sebagai panduan artis dalam menentukan kostum
D. Memberikan tata letak kartun film dari adegan
E. Mempelajari script dengan baik
9. FFAI adalah singkatan dari..
A. Festival Film Anime Indonesia
B. Festival Film Animasi Inggris
C. Festival Font Animasi Indonesia
D. Film Festival Animasi Indonesia
E. Festival Film Animasi Indonesia
10. Berikut ini industri yang menggunakan storyboard dalam proses produksinya kecuali...
A. Animasi
B. Advertising
C. Buku pelajaran
D. Teater
E. Komik
11. Storyboard menjadi populer dalam produksi film live action sejak awal tahun..
A. 1940
B. 1950
C. 1960
D. 1970
E. 1980
12. Pada umumnya nilai aspect ratio yang digunakan para pembuat film dalam pembuatan film yang bersifat pribadi,komedi,drama film animasi adalah...
A. 2,35 : 1
B. 1,85 : 1
C. 1,78 : 1
D. 1,66 : 1
E. 1,33 : 1
13. Teknik pengambilan gambar dengan mengambil sebagian objek tertentu (misal wajah) adalah teknik..
A. Extreme close up
B. Close up
C. Medium long shoot
D. Long shoot
E. Over shoulder
14. Salah satu software animasi 2D yang merupakan keluaran Adobe adalah...
A. Dreamweaver
B. Flash
C. Photoshop
D. Premiere
E. Ilustrator
15. Dua macam format yang digunakan dalam membuat storyboard yaitu..
A. Gambar tangan (sketsa) dan digital image
B. Gambar hidup dan mati
C. Nyata dan rekayasa
D. Bercerita dan bersuara
E. Kotak dan persegi panjang
16. Aplikasi yang digunakan untuk membuat stop motion,kecuali adalah..
A. Movie Maker
B. Video Pad
C. Flash Player
D. Photo Story
E. Format Factory
17. Di bawah ini adalah yang bukan komponen - komponen storyboard adalah..
A. Bentuk adegan / potongan - potongan gambar sketsa
B. Bentuk (alur cerita) untuk memperjelas gambar sketsa
C. Bentuk dramatisasi (adegan yang berisi tentang adegan karakter tertentu)
D. Bentuk visualisasi (3D)
E. Bentuk isi cerita yang terdapat dalam setiap gambar
18. Sebuah gerakan objek maupun teks yang di atur sedemikian rupa sehingga kelihatan hidup adalah..
A. Properties
B. Action script
C. Frame
D. Time line
E. Animation
19. Untuk membuat animasi pergerakan objek,biasanya dengan tahapan...
A. Klik kanan - Tween - Create Animation
B. Klik kanan - Motion Tween - Create Animation
C. Klik kanan - Insert Frame - Create Animation
D. Klik kanan - Create Motion Tween
E. Klik kanan - Create Animation Tween
20. Yang merupakan pengertian dari storyboard,adalah...
A. Penjabaran tentang kebutuhan yang diperlukan dalam produksi
B. Daftar gambar dari setiap adegan yang divisualisasikan dalam bentuk sketsa atau gambar
C. Pembentukan anggota tim yang sesuai dengan kebutuhan
D. Hal - hal yang berhubungan dengan data dan informasi keseluruhan produksi dari awal hingga akhir proses produksi
E. Daftar tabel yang dimulai dengan warna pada setiap kegiatan yang dilakukan
21. Pada umumnya nilai aspect ratio yang digunakan para pembuat film dalam pembuatan film yang bersifat pribadi,komedi,drama film animasi adalah...
A. 2,35 : 1
B. 1,85 : 1
C. 1,78 : 1
D. 1,66 : 1
E. 1,33 : 1
22. Yang tidak termasuk software animasi adalah...
A. Forge 3D
B. 3Ds max
C. Frame
D. Maya
E. Word
23. Berikut ini industri yang menggunakan storyboard dalam proses produksinya kecuali...
A. Animasi
B. Advertising
C. Buku pelajaran
D. Teater
E. Komik
24. Software pendukung multimedia yang digunakan untuk mengolah / membuat animasi..
A. Coreldraw
B. Microsoft Word
C. Photosop
D. Paint
E. Macromedia Flash
25. 3D pada tahap pembuatan animasi terdapat 2 tahapan yaitu...
A. Konvensional dan Digital
B. Tradisional dan Modern
C. Konvensional dan Modern
D. Tradisional dan Digital
E. Konvensional dan Manual
26. Teknologi yang menghasilkan film animasi yang gambarnya benar - benar hidup dan bernuansa 3 dimensi tak sekedar datar adalah definisi dari...
A. C D I
B. G C I
C. C G I
D. I D G
E. C D R
27. Suatu ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan keindahan,yang mempelajari semua aspek dari apa yang kita sebut keindahan disebut...
A. Ilmu Astetik
B. Ilmu Estetika
C. Ilmu Etika
D. Ilmu Tetika
E. Ilmu Estatika
28. Ini merupakan film animasi panjang pertama yang menggunakan 100% animasi komputer yakni...
A. Toy Story
B. A Bugs Life
C. Monster Inc
D. Super Hero
E. Spiderman
29. Animasi dulunya sangat sederhana,namun sekarang telah berkembang menjadi beberapa jenis,yaitu..
A. Animasi 2D,Animasi 3D,dan Animasi 4D
B. Animasi 2D,Animasi 3D,dan Animasi klay
C. Animasi 2D,Animasi 3D,dan Animasi clay
D. Animasi 2D,Animasi 3D,dan Animasi kartun
E. Animasi 2D,Animasi 3D,dan Animasi murni
30. Contoh film animasi yang disebut animasi 3D atau computer generated image adalah di bawah ini...
A. Finding Nemo
B. Looney Tunes,dan Scooby Doo
C. Doraemon Legenda Raja Matahari
D. The Lion King
E. Brother Bear
31. Teknik pengolahan animasi menggunakan komputer dengan tool untuk membuat visual effect disebut..
A. Computer Based Animation
B. Computer Base Animation
C. Computer Book Animation
D. Computer Bold Animation
E. Computer Back Animation
32. Animasi ringan dapat juga ditambahkan ke dalam halaman web dalam bentuk animasi...
A. jpg
B. gif
C. Shockwave Flash (SWF)
D. 3gp
E. mts
33. Proses akhir dari keseluruhan proses animasi komputer disebut..
A. Composite
B. Editing
C. Rendering
D. Camera Shooting
E. Lay out
34. Gerakan animasi yang dapat diterapkan dalam motion tween adalah sebagai berikut..
A. Skala
B. Posisi
C. Rotasi
D. Warna
E. Transparasi
35. Simbol yang berfungsi sebagai dasar untuk membuat objek dapat beranimasi disebut..
A. Button
B. Movie clip
C. Graphic
D. Library
E. Frame
36. File Flash yang dapat langsung di jalankan tanpa harus membuka program Flash adalah file yang berekstensi...
A. exe
B. fla
C. swf
D. gif
E. html
37. Merupakan teknikn animasi stop motion menggunakan gambar manual setahap demi setahap,adalah definisi dari...
A. Animasi pasir (Sand Animation)
B. Hand drawn Animation
C. Animasi Gambar
D. Animasi cut out (Cut out Animation)
E. Animasi clay ( Clay Animation)
38. Bagian judul (berisi tentang judul,episode,scene,dan halaman) adalah komponen penyusun...
A. Movie Maker
B. Animasi
C. Storyboard
D. Frame
E. Audio
39. Penggunaan storyboard dalam pembuatan stop motion adalah
A. Membingungkan pembuat
B. Mempercepat proses produksi
C. Memperlambat proses produksi
D. Mempermudah proses produksi
E. Mempersulit proses produksi
40. Ide cerita dalam pembuatan stop motion berguna untuk...
A. Mengetahui cara pembuatan stop motion
B. Mengetahui pesan yang disampaikan pembuat stop motion
C. Mengetahui ekspresi gambar
D. Mengetahui biaya produksi
E. Mempersulit proses produksi
41. Berikut contoh dibawah ini yang merupakan animasi 2D adalah..
A. Final Fantasy,Pink Panther,Tom and Jerry
B. Scooby Doo,Doraemon,Brother Bear
C. Pink Panther,Final Fantasy,Tom and Jerry
D. Scooby Doo,Monster Inc,Finding Nemo
E. Brother Bear,Tom and Jerry,Dinosaurs
42. Animasi yang dihasilkan dari pengambilan gambar berupa obyek (boneka atau yang lainnya) yang digerakkan setahap demi setahap adalah pengertian dari animasi..
A. Animasi Tradisional
B. Animasi Komputer
C. Stop - motion animation
D. Wayang
E. Puppet
43. Teknik animasi stop - motion pertama kali ditemukan oleh Stuart Blakton Pada tahun 1906,yaitu dengan menggambar ekspresi wajah sebuah tokoh kartun pada papan tulis,diambil gambarnya dengan still camera,kemudian dihapus untuk menggambar ekspresi wajah selanjutnya. Teknik animasi stop - motion ini paling sering digunakan dalam visual effect untuk film - film di era..
A. Tahun 40-50 an
B. Tahun 50-60 an
C. Tahun 60-70 an
D. Tahun 70-80 an
E. Tahun 80-90 an
44. Pengertian storyboard secara global adalah....
A. Merevisi ide - ide awal
B. Memberikan tata letak visual dari adegan yang terlihat dalam layar monitor atau lensa kamera
C. Sebagai panduan artis dalam menentukan kostum
D. Memberikan tata letak kartun film dari adegan
E. Mempelajari script dengan baik
1. Prinsip dalam penyusunan story board adalah,kecuali....
A. Pesan Visual harus kreatif (asli,luwes dan lancar),
B. Editing
C. Komunikatif
D. Efisien dan Efektif
E. Sekaligus indah / estestis
2. Animasi (2D) atau yang bisa disebut dengan...
A. Sinetron
B. Kartun
C. Teater
D. Komedi
E. Horor
3. Estetika berasal dari kata Yunani yakni aesthesis yang artinya..
A. Perasaan,selera perasaan atau taste
B. Perasaan berseni
C. Keindahan
D. Keyakinan
E. Berperasaan
4. Adapun format yang paling populer untuk animasi web dengan pemutar adobe flash player adalah..
A. jpg
B. gif
C. Shockwave Flash (SWF)
D. 3gp
E. mts
5. Storyboard menjadi populer dalam produksi film live action sejak awal tahun..
A. 1940
B. 1950
C. 1960
D. 1970
E. 1980
6. Adobe photosop adalah salah satu software pendukung multimedia yang digunakan untuk mengolah...
A. Video
B. Image
C. Animasi
D. Vektor
E. Teks
7. Dua macam format yang digunakan dalam membuat storyboard yaitu..
A. Gambar tangan (sketsa) dan digital image
B. Gambar hidup dan mati
C. Nyata dan rekayasa
D. Bercerita dan bersuara
E. Kotak dan persegi panjang
8. Pengertian storyboard secara global adalah....
A. Merevisi ide - ide awal
B. Memberikan tata letak visual dari adegan yang terlihat dalam layar monitor atau lensa kamera
C. Sebagai panduan artis dalam menentukan kostum
D. Memberikan tata letak kartun film dari adegan
E. Mempelajari script dengan baik
9. FFAI adalah singkatan dari..
A. Festival Film Anime Indonesia
B. Festival Film Animasi Inggris
C. Festival Font Animasi Indonesia
D. Film Festival Animasi Indonesia
E. Festival Film Animasi Indonesia
10. Berikut ini industri yang menggunakan storyboard dalam proses produksinya kecuali...
A. Animasi
B. Advertising
C. Buku pelajaran
D. Teater
E. Komik
11. Storyboard menjadi populer dalam produksi film live action sejak awal tahun..
A. 1940
B. 1950
C. 1960
D. 1970
E. 1980
12. Pada umumnya nilai aspect ratio yang digunakan para pembuat film dalam pembuatan film yang bersifat pribadi,komedi,drama film animasi adalah...
A. 2,35 : 1
B. 1,85 : 1
C. 1,78 : 1
D. 1,66 : 1
E. 1,33 : 1
13. Teknik pengambilan gambar dengan mengambil sebagian objek tertentu (misal wajah) adalah teknik..
A. Extreme close up
B. Close up
C. Medium long shoot
D. Long shoot
E. Over shoulder
14. Salah satu software animasi 2D yang merupakan keluaran Adobe adalah...
A. Dreamweaver
B. Flash
C. Photoshop
D. Premiere
E. Ilustrator
15. Dua macam format yang digunakan dalam membuat storyboard yaitu..
A. Gambar tangan (sketsa) dan digital image
B. Gambar hidup dan mati
C. Nyata dan rekayasa
D. Bercerita dan bersuara
E. Kotak dan persegi panjang
16. Aplikasi yang digunakan untuk membuat stop motion,kecuali adalah..
A. Movie Maker
B. Video Pad
C. Flash Player
D. Photo Story
E. Format Factory
17. Di bawah ini adalah yang bukan komponen - komponen storyboard adalah..
A. Bentuk adegan / potongan - potongan gambar sketsa
B. Bentuk (alur cerita) untuk memperjelas gambar sketsa
C. Bentuk dramatisasi (adegan yang berisi tentang adegan karakter tertentu)
D. Bentuk visualisasi (3D)
E. Bentuk isi cerita yang terdapat dalam setiap gambar
18. Sebuah gerakan objek maupun teks yang di atur sedemikian rupa sehingga kelihatan hidup adalah..
A. Properties
B. Action script
C. Frame
D. Time line
E. Animation
19. Untuk membuat animasi pergerakan objek,biasanya dengan tahapan...
A. Klik kanan - Tween - Create Animation
B. Klik kanan - Motion Tween - Create Animation
C. Klik kanan - Insert Frame - Create Animation
D. Klik kanan - Create Motion Tween
E. Klik kanan - Create Animation Tween
20. Yang merupakan pengertian dari storyboard,adalah...
A. Penjabaran tentang kebutuhan yang diperlukan dalam produksi
B. Daftar gambar dari setiap adegan yang divisualisasikan dalam bentuk sketsa atau gambar
C. Pembentukan anggota tim yang sesuai dengan kebutuhan
D. Hal - hal yang berhubungan dengan data dan informasi keseluruhan produksi dari awal hingga akhir proses produksi
E. Daftar tabel yang dimulai dengan warna pada setiap kegiatan yang dilakukan
21. Pada umumnya nilai aspect ratio yang digunakan para pembuat film dalam pembuatan film yang bersifat pribadi,komedi,drama film animasi adalah...
A. 2,35 : 1
B. 1,85 : 1
C. 1,78 : 1
D. 1,66 : 1
E. 1,33 : 1
22. Yang tidak termasuk software animasi adalah...
A. Forge 3D
B. 3Ds max
C. Frame
D. Maya
E. Word
23. Berikut ini industri yang menggunakan storyboard dalam proses produksinya kecuali...
A. Animasi
B. Advertising
C. Buku pelajaran
D. Teater
E. Komik
24. Software pendukung multimedia yang digunakan untuk mengolah / membuat animasi..
A. Coreldraw
B. Microsoft Word
C. Photosop
D. Paint
E. Macromedia Flash
25. 3D pada tahap pembuatan animasi terdapat 2 tahapan yaitu...
A. Konvensional dan Digital
B. Tradisional dan Modern
C. Konvensional dan Modern
D. Tradisional dan Digital
E. Konvensional dan Manual
26. Teknologi yang menghasilkan film animasi yang gambarnya benar - benar hidup dan bernuansa 3 dimensi tak sekedar datar adalah definisi dari...
A. C D I
B. G C I
C. C G I
D. I D G
E. C D R
27. Suatu ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan keindahan,yang mempelajari semua aspek dari apa yang kita sebut keindahan disebut...
A. Ilmu Astetik
B. Ilmu Estetika
C. Ilmu Etika
D. Ilmu Tetika
E. Ilmu Estatika
28. Ini merupakan film animasi panjang pertama yang menggunakan 100% animasi komputer yakni...
A. Toy Story
B. A Bugs Life
C. Monster Inc
D. Super Hero
E. Spiderman
29. Animasi dulunya sangat sederhana,namun sekarang telah berkembang menjadi beberapa jenis,yaitu..
A. Animasi 2D,Animasi 3D,dan Animasi 4D
B. Animasi 2D,Animasi 3D,dan Animasi klay
C. Animasi 2D,Animasi 3D,dan Animasi clay
D. Animasi 2D,Animasi 3D,dan Animasi kartun
E. Animasi 2D,Animasi 3D,dan Animasi murni
30. Contoh film animasi yang disebut animasi 3D atau computer generated image adalah di bawah ini...
A. Finding Nemo
B. Looney Tunes,dan Scooby Doo
C. Doraemon Legenda Raja Matahari
D. The Lion King
E. Brother Bear
31. Teknik pengolahan animasi menggunakan komputer dengan tool untuk membuat visual effect disebut..
A. Computer Based Animation
B. Computer Base Animation
C. Computer Book Animation
D. Computer Bold Animation
E. Computer Back Animation
32. Animasi ringan dapat juga ditambahkan ke dalam halaman web dalam bentuk animasi...
A. jpg
B. gif
C. Shockwave Flash (SWF)
D. 3gp
E. mts
33. Proses akhir dari keseluruhan proses animasi komputer disebut..
A. Composite
B. Editing
C. Rendering
D. Camera Shooting
E. Lay out
34. Gerakan animasi yang dapat diterapkan dalam motion tween adalah sebagai berikut..
A. Skala
B. Posisi
C. Rotasi
D. Warna
E. Transparasi
35. Simbol yang berfungsi sebagai dasar untuk membuat objek dapat beranimasi disebut..
A. Button
B. Movie clip
C. Graphic
D. Library
E. Frame
36. File Flash yang dapat langsung di jalankan tanpa harus membuka program Flash adalah file yang berekstensi...
A. exe
B. fla
C. swf
D. gif
E. html
37. Merupakan teknikn animasi stop motion menggunakan gambar manual setahap demi setahap,adalah definisi dari...
A. Animasi pasir (Sand Animation)
B. Hand drawn Animation
C. Animasi Gambar
D. Animasi cut out (Cut out Animation)
E. Animasi clay ( Clay Animation)
38. Bagian judul (berisi tentang judul,episode,scene,dan halaman) adalah komponen penyusun...
A. Movie Maker
B. Animasi
C. Storyboard
D. Frame
E. Audio
39. Penggunaan storyboard dalam pembuatan stop motion adalah
A. Membingungkan pembuat
B. Mempercepat proses produksi
C. Memperlambat proses produksi
D. Mempermudah proses produksi
E. Mempersulit proses produksi
40. Ide cerita dalam pembuatan stop motion berguna untuk...
A. Mengetahui cara pembuatan stop motion
B. Mengetahui pesan yang disampaikan pembuat stop motion
C. Mengetahui ekspresi gambar
D. Mengetahui biaya produksi
E. Mempersulit proses produksi
41. Berikut contoh dibawah ini yang merupakan animasi 2D adalah..
A. Final Fantasy,Pink Panther,Tom and Jerry
B. Scooby Doo,Doraemon,Brother Bear
C. Pink Panther,Final Fantasy,Tom and Jerry
D. Scooby Doo,Monster Inc,Finding Nemo
E. Brother Bear,Tom and Jerry,Dinosaurs
42. Animasi yang dihasilkan dari pengambilan gambar berupa obyek (boneka atau yang lainnya) yang digerakkan setahap demi setahap adalah pengertian dari animasi..
A. Animasi Tradisional
B. Animasi Komputer
C. Stop - motion animation
D. Wayang
E. Puppet
43. Teknik animasi stop - motion pertama kali ditemukan oleh Stuart Blakton Pada tahun 1906,yaitu dengan menggambar ekspresi wajah sebuah tokoh kartun pada papan tulis,diambil gambarnya dengan still camera,kemudian dihapus untuk menggambar ekspresi wajah selanjutnya. Teknik animasi stop - motion ini paling sering digunakan dalam visual effect untuk film - film di era..
A. Tahun 40-50 an
B. Tahun 50-60 an
C. Tahun 60-70 an
D. Tahun 70-80 an
E. Tahun 80-90 an
44. Pengertian storyboard secara global adalah....
A. Merevisi ide - ide awal
B. Memberikan tata letak visual dari adegan yang terlihat dalam layar monitor atau lensa kamera
C. Sebagai panduan artis dalam menentukan kostum
D. Memberikan tata letak kartun film dari adegan
E. Mempelajari script dengan baik
Komentar
Posting Komentar